Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

30 Hari TMMD ke-121 Mengukir Senyum di Wajah Masyarakat Desa Kesik dan Loyok

Redaksi CMI Selasa, 20 Agustus 2024

 

Rangkuman foto kegiatan TMMD ke 121 Kodim 1615/Lotim,sasaran utama dan sasaran tambahan/(fisik dan non fisik)


CMI||Lombok Timur,NTB-Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), adalah program terpadu antara TNI, Pemerintah Daerah (Pemda) dan Masyarakat. Adapaun tujuan dari TMMD antara lain: meningkatkan kesejahteraan Masyarakat dan mengurangi kemiskinan, mewujudkan pembangunan yang merata dan seimbang, memberdayakan Masyarakat, menumbuhkan semangat gotong royong, menciptakan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, dan mencapai kesejahteraan dan ketahanan sosial.


TMMD ke-121 Komando Distrik Militer(Kodim) 1615/Lombok Timur (Lotim), sudah di buka pada 24 Juli 2024 dan akan melaksanakan penutupan pada tanggal 22 Agustus 2024.


TMMD ke-121 yang dilaksanakan oleh Kodim1615/Lotim memiliki sasaran utama yakni pembangunan saluran irigasi di Desa Loyok dan Desa Kesik. Namun juga memiliki program tambahan, seperti rehab Rumah Tidak Layak Huni(RTLH), pembangunan sumur bor, rehab Taman Pendidikan Al-Qur'an(TPQ), Pembuatan Mandi Cuci Kakus(MCK),wawasan kebangsaan,penyuluhan hingga pembukaan jalan.



Di bawah terik matahari, para prajurit yang sedang mengangkut batu, tanpak tersenyum dan menyapa, meski dengan keringat yang bercucuran di seluruh bagian tubuh, mereka tetap tersenyum lebar dan menyapa ketika kami mendatangi lokasi tempat mereka bekerja, yakni lokasi Tentara TMMD ke-121 Kodim 1615/Lotim.


Hal ini juga di tegaskan oleh Komandan Distrik Militer(Dandim) Letkol.Inf. Bayu Sigit Dwi Untoro, Ia mengungkapkan perasaan bangganya terhadap para prajurit yang bekerja tanpa mengenal lelah, bahkan para prajurit membakar semangat mereka dengan candaan -candaan di sela-sela bekerja. 


"Saya merasa bangganya lagi, melihat prajurit saya, karena saya coba juga kita bawa ke tempat sasaran, ternyata tidak mudah, kaki, tangan, fisik, tenaga digunakan dan itu bukan menjadi kendala, terbukti mereka sampai dengan detik ini mereka masih tertawa, mereka masih tersenyum, mereka masih riang gembira bahkan di beberapa tempat itu para prajurit membuat lelucon-lelucon untuk membangkitkan semangat mereka,”Jelas Dandim Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, Minggu(04/08/2024).


Selain itu, Ia juga mengungkapkan perasaan bangga atas kerja sama yang sangat luar biasa dari Masyarakat sekitar, karena tanpa bantuan Masyarakat TMMD ke-121 Kodim 1615/Lotim tidak akan selesai tepat waktu.


“Saya sukanya antusias dari Masyarakat sangat luar biasa, dari awal kita melaksanakan pra TMMD ke-121, kerjasamanya mereka, dalam membantu kita, jujur saja kalau tanpa bantuan mereka mungkin proyek atau TMMD sampai dengan hari ini 4 agustus mungkin belum sampai sejauh ini, tapi dengan bantuan Masyarakat mereka membuat saluranya di awal-awal pra TMMD sampai dengan hari ini, salut sekali dengan Masyarakat,  itu sukanya saya,”ungkapnya.


Senyum bahagia tidak hanya terlihat dari Dandim, Prajurit, Masyarakat, namun senyum juga terukir dari wajah Kepala Desa Kesik, Yakni Muhammad Kadri, Ia tampak antusias dan bahagia menjelaskan solusi dari permasalahan Masyarakat selama ini, dan dengan kehadiran TMMD ke-121 Kodim 1615/Lotim semua sudah di atasi.


“Bayangkan, di satu kelompok Masyarakat sebagai lokasi TMMD saat ini, luas wilayahnya itu 65 hektar, namun yang mampu di airi cuma 2 hektar sebelum TMMD, karena terjadi penyempitan saluran akibat pohon kiri kanan dan terjadi kebocoran dimana-mana, sehingga kemampuannya hanya 2 hektar,” Jelas Muhammad Kadri.


“Setelah saluran kita baik, kami sangat yakin bahwa yang di laksanakan oleh program TMMD ke-121, maka setiap hilir itu akan mampu mengairi sawah seluas minimal 5 hektar sehingga dengan demikian, dengan peningkatan seperti ini, maka otomatis akan mampu meningkatkan hasil ekonomi, bahkan kami yakin Kesik siap menuju swasembada pangan,” Lanjut Muhammad Kadri.


Tidak hanya para prajurit, Dandim dan Kades, Masyarakat sekitarpun selalu tersenyum dan menyambut dengan ramah, tidak terkecuali Inak Lipurni, Masyarakat Desa Kesik, yang merasakan Manfaat di bangunnya saluran irigasi untuk pengairan sawah.


Ia tampak tersenyum ketika team Cahaya Media Indonesia.com (CMI) mendatanginya, saat Ia sedang mencari sisa-sisa padi, "Saya sangat senang di buatkan seperti ini, biar bagus air mengalir ke persawahan, jadi kalau air sedang besar sampah dedaunan dan sebagainya tidak ikut masuk ke sawah,” jelas Inaq Lipurni.


Tidak hanya manfaat dari saluran irigasi yang di rasakan oleh Masyarakat sekitar, salah satunya juga, pemanfaatan sumur bor yang menjadi berkah yang tidak ternilai juga bagi Masyarakat Desa Kesik. Seperti yang di ungkapkan oleh Sri Yuliana, Masyarakat Desa Kesik yang merasa sangat terbantu dengan adanya sumur bor.


"Merasa senang, bahagia merasa sangat terbantu, masyarakat kan tidak ada airnya, jadi merasa terbantu disini bisa terhitung yang punya air bersih kita ini belum ada air bersih kan jadi sekarang udah siap air bersih saya merasa sangat terbantu," ungkap Sri Yuliana.


Tidak mau kalah bahagia, Senyum juga selalu terukir di wajah Wanita Tua yang biasa di panggil Inaq Hernawati, Ia tampak selalu tersenyum, dan menyapa setiap Prajurit yang berkunjung ke rumahnya, Ia selalu menawarkan minum bahkan menawarkan makan untuk setiap yang datang ke rumahnya.


Hal itu tidak lepas dari rasa syukurnya atas program Tentara TMMD ke-121 Kodim 1615/Lotim. Dimana Inaq Hernawati menjadi salah satu penerima bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni(RTLH), dari program TMMD ke-121 Kodim 1615/Lotim.


Bahkan saat ditanya perasaannya, mendapat bantuan RTLH, Ia menjawab dengan raut wajah kebahagiaan yang tidak bisa Ia tutupi. "Saya sangat bahagia, senang sekali, tidak tahu apa perasaan saya, sangat senang," Jelasnya Senin(19/08/2024).


Namun, Ia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih, kepada semua yang telah membantu dalam pembangunan rumahnya, sehingga layak untuk dihuni. "Saya berterima kasih kepada semua yang telah membantu, saya sangat senang sekali, karena saya dikasih rumah yang sangat bagus," ungkapnya. 


Kebahagiaan yang tidak terhingga ini juga dirasakan oleh Inaq Mahnim, salah satu yang mendapatkan bantuan rehab RTLH. Ia selalu tersenyum bahkan menangis ketika menceritakan kisahnya hingga akhirnya mendapatkan program bantuan RTLH TMMD ke-121 Kodim 1615/Lotim yang kini merubah hidupnya.


“Gembira perasaan saya,karena bantuan RTLH yang saya dapat saat ini merupakan berkah yang luar biasa dan jawaban dari doa-doa saya, setiap waktu setiap setiap saat saya sholat, alhamdulillah pak komandan (Dandim), pak pemerintah (Pemda)  tetap saya mendoakan,” jelas Inaq Mahnim.(red/CMI)

Tutup komentar

Komentar

ads-before

========== kode iklan ==========

ads-inline/3

========== kode iklan ==========

ads-after

========== kode iklan ==========

Baca Juga

3/random/4/baca-juga