Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

5 Tahun Zul-Rohmi, SMKN 1 Jerowaru Terus Berinovasi dan Mengukir Prestasi

Redaksi CMI Rabu, 13 September 2023

Cahayamediaindonesia.com-LOMBOK TIMUR,NTB-SMKN 1 Jerowaru yang merupakan satu-satunya Sekolah Kejuruan Negeri di Kecamatan Jerowaru Lombok Timur.Pada tahun 2020 SMAN 1 Jerowaru resmi berubah menjadi SMKN 1 Jerowaru, dengan membuka tiga kompetisi keahlian diantaranya Perhotelan, Tata Boga dan Usaha Perjalanan Wisata dan pada tahun 2022 membuka satu lagi komepetensi keahlian Desain Grafika.


Perkembangan SMKN 1 Jerowaru yang memiliki slogan Unggul dan Gemilang dalam Adab, Ilmu, dan Karya, selama 3 tahun berdirinya terus berbenah, hal ini nampak nyata dari torehan prestasi yang diraih dan juga semakin tingginya apresiasi masyarakat terhadap perkembangan SMKN 1 Jerowaru. Data penerimaan peserta didik baru baru tahun 2020 berjumlah 107 orang siswa, tahun 2021 berjumlah 96 orang, tahun 2022 berjumlah 148 orang dan pada tahun 2023 ini siswa baru berjumlah 181 orang. 


Adapun prestasi yang diraih oleh SMKN 1 Jerowaru diantaranya, sebagai juara 3 Cooking Competition tingkat Provinsi yang diadakan oleh Balai Vokasi dan Pelatihan Lombok Timur Tahun 2022. 

Tidak hanya di bidang akademik, di bidang non akademik pun para siswa berhasil meraih prestasi dalam kejuaraan pencak silat DPRD Mentaram Cup. Pada kesempatan tersebut, kontingen SMKN 1 Jerowaru berhasil meraih tiga medali emas dan satu medali perunggu.

Untuk mendukung akses layanan dan informasi ke pihak orang tua dan siswa secara realtime, seperti informasi akademik, keuangan, absensi siswa dan sebagainya sudah melalui aplikasi informasi terpadu Jibas EsemkaSaJa yang berbasis web dan android. Hal ini di ungkapkan oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Jerowaru Azany MM, Selasa 12/09/2023.

Adapun hasil tracer study lulusan Angkatan 1 Tahun 2023, data per September 2023 menunjukkan bahwa prosentase alumni yang bekerja sebanyak 45%, diantaranya ada yang bekerja di hotel-hotel kawasan Senggigi dan Kuta, Indomaret di Bali dan Lombok, biro atau agen perjalanan di Tete Batu. Alumni yang melanjutkan study sebanyak 35%, tersebar di PTN (UIN Mataram dan Poltekpar Lombok) dan beberapa PTS di Kabupaten Lombok Timur, sedangkan yang berwirausaha prosentasenya sebanyak 3%,dengan bidang usaha peternakan ayam dan berjualan bakso, sisanya sebesar 17% belum terdeteksi keberadaanya.

Khairul Ikhwan Kabid SMK NTB, menerangkan apa yang dijalankan oleh SMK se NTB dalam menjalankan peraturan Gubernur no 75 tahun 2020 tentang Revitalisasi SMK.

"Apa yang dijalankan oleh kepala sekolah SMK se Nusa Tenggara Barat, dalam menjalankan peraturan Gubernur no 75 tahun 2020, tentang Revitalisasi SMK yang di dalamnya itu sudah di jabarkan dalam bentuk roadmaps SMK 2022 sampai 2027," Jelasnya.

"Di dalam roadmaps itu sudah ada target yang harus di selesaikan oleh Kepala SMK se Nusa Tenggara Barat dalam bentuk 11 strategi SMK Gemilang Karya,"lanjutnya.

"Karena sudah ada regulasinya trus dijalankan maka seluruh kepala sekolah itu mudah on the track menjalankan visi dan misi Gubernur NTB Zul-Rohmi,"Terangnya lebih lanjut.

Yang patut disyukuri dalam menunjang salah satu program 11 strategi Gemilang Karya, pada tahun 2023 SMKN 1 Jerowaru sudah mulai dibangun DAK fisik berupa Ruang Praktik Siswa (RPS) kompetensi keahlian Tata Boga/Kuliner yang ditunjang juga dengan pembangunan DAK fisik Perpustakaan dan Toilet.(CMI)

Tutup komentar

Komentar

ads-before

========== kode iklan ==========

ads-inline/3

========== kode iklan ==========

ads-after

========== kode iklan ==========

Baca Juga

3/random/4/baca-juga